Sunday, August 16, 2009

Boediono

Hai, kawan-kawan nah sekarang kita akan membahas tentang wakil presiden yang terpilih saat pilpres kemarin yaitu Pak Boediono. Boediono itu lahir pada tanggal 25 Februari 1943 di Blitar, Jawa Timur. Nah, dia itu mendapat gelar Bachelor of Economics dari Unirvesitas Western, Australia ketika tahun 1967(sudah lama sekali ya). Eits, Boediono masih kuliah lagi lho. Dia berhasil lagi mendapat gelar Master of Economics(Kalau di Indonesia mah setingkat S-2) dari Unirvesitas Monash, Australia ketika tahun 1972. Boediono masih juga lho kuliah. Dia lagi-lagi berhasil mendapat gelar Ph.D(Kalau di Indonesia mah setingkat gelar doktor) dari Unirvesitas Pennsylvania, Amerika ketiks tahun 1976. Dan akhirnya ia pun menjadi Guru Besar Fakultas Ekonomi Unirvesitas Gajah Mada tahun 2006.
Boediono mulai menjalani karir pemerintahan sebagai menteri ketika tahun 1998 dia menjadi Menteri PPN(sekarang namanya Menteri PPN/Kepala Bappenas) di Kabinet Reformasi Pembangunan(itu kabinetnya presiden BJ Habibie). Tetapi, pas jamannya Gus Dur(KH Abdurrahman Wahid) Boediono diganti sama Kwik Kian Gie. Kemudian ia diangkat lagi sama Megawati pada tahun 2001, Boediono jadi Menteri Keuangan menggantikan Rizal Ramli. Pada tahun 2005 atau saat SBY mereshuffle(merombak) kabinetnya, Boediono ditunjuk jadi Menko Perekonomian menggantikan Aburizal Bakrie yang
menjadi Menko Kesejahteraan Rakyat. Akhirnya, pada tahun 2009 ia dicalonkan menjadi cawapresnya SBY dan ia pun terpilih sebagai wapres mendampingi Pak SBY yang terpilih lagi pada pilpres 2009. Itulah profil Pak Boediono.


Sedikit mengutip dari:
http://id.wikipedia.org

No comments:

Post a Comment